My Cat

Anggota Keluarga Baru – Kucing Persia Betina

Hai Catlovers..

Sebelumnya aku pernah cerita tentang kucing pelaharaanku yang jantan namanya Uwek. Ada di beberapa postingan sebelumnya.

Setelah si Jantan berumur sekitar 4-5 tahun aku punya kucing baru betina namanya Roro (alias Roro Gomblang). Roro ini badanya kecil banget memang umurnya masih 10 bulan waktu diadopsi. Alhamdulillah aku tidak pernah membeli kucing heheh, keduanya diberikan oleh teman. Keduanya juga jenis Persia. Roro ini rencananya mau aku kawinkan dengan Uwek ketika umurnya setahun. jadi aku masih memperhatikan mereka dirumah takut-takut Roro ini dikawin Uwek. Tapi sepertinya Uwek tidak suka sama Roro. Setiap Roro deketin Uwek ngedumel sendiri dengan muka betenya yang khas. Roropun juga usil, dia sering mengusili Uwek sampe Uwek ngamuk. Tapi walaupun begitu Uwek baik kalo makanannya diambil Roro dia diem aja gak melawan  sama sekali.

Roro pertama kali dibawa ke rumah itu bulan April Akhir atau sekitar bulan Mei awal 2021. Umurnya 10 bulan. Berarti sekarang di bulan juni sudah 12 bulan umurnya. Roro ini kecil tapi lincah banget lari kesana kemari. Dia juga gak penakut sama sekali seperti kucing ras pada umumnya yang takut kalo ada suara berisik atau takut orang. Kalo Uwek memang agak sedikit takut alias kagetan kalo denger suara-suara. Juga dia agak takut sama orang baru. Tapi kalo Roro ini benar-benar berani. Kecil-kecil cabe rawet deh. Roro juga galak kalo dia dinakalin, tapi kalo sama keluarga kami dia manja banget. Gemess..

Jadi pas dirumah itu perut Roro makin buncit aku kira karna dia banyak makan. Lalu pas pertengahan Juni tiba-tiba dia melahirkan. Aku kaget banget karena katanya belum kawin dan masih kecil. Memang badannya juga kecil dan hamilnya juga gak keliatan gitu walaupun perutnya buncit tapi gak keliatan seperti kucing hamil pada umumnya. Waktu dimandiin kata abang petshopnya kaya umur 4 bulanan padahal umurnya udah 10 bulan. Abangnya juga gak bilang apa-apa kalo misal dia hamil. Biasanya abang-abang petshop ngerti kalo misal kucing lagi hamil. Karna ada salah satu temen juga yang pernah mau mandiin kucingnya tapi abang-abangnya bilang kucingnya lagi hamil jadinya gak jadi dimandiin. Roro ini sama sekali gak ketauan. Aku curiganya sih pas dibawa ketempatku memang sudah hamil umur 1bulanan.

Karena gak tau jadinya 2 anak kucingnya mati mungkin karena si induk juga masih muda dan ada kemunginan stress karena waktu itu kebetulan lagi dikandangin dan gak dilepas dirumah. Sedih banget waktu liat ada 2 anak kucing mati di kandang dan Roro ini mengeong berisik. Akhirnya aku keluarin Roro dan dilepas dirumah sambil aku bersihin kandangnya. Kukira anaknya 2 karena biasanya kucing yg pertama kali melahirkan anaknya 2-3. Ketika dilepas dirumah Roro langsung naik ke lantai atas dan masuk ke kamar Adikku. Dia naik ke rak buku dan matanya merem-merem sambil terlihat seperti tarik nafas. Dan ternyata dia melahirkan lagi. Ia melahirkan 3 anak dan 2 sudah mati. Akhirnya aku pindahin Roro ke kardus bersama anaknya. Sedih karena 2 anaknya mati dan seneng ternyata masih ada yang hidup 1.  Akhirnya Bener-bener aku rawat banget dan aku jaga. Roro ini juga protektif banget sama anaknya. Gak nyangka biasanya induk yang masih mudah agak gak peduli. Dia bener bener gak bisa ninggalin anaknya. Pernah dia nyari minum kebawah karena minum yang disebelah tempatnya habis, tapi denger anaknya ngeong nangis dia langsung lari sampe kepleset-pleset. Terharu banget sama Roro. Seekor induk kucing aja segitu sayangnya sama bayinya, aku membayangkan bagaimana seorang manusia yang memiliki akal sehat.

Ini adalah foto roro bersama satu anaknya yang sempat hidup 1,5 hari

Sayangnya anak kucing ini gak bertahan lama setelah 1,5 hari ternyata dia mati. Sedih banget… Kebetulan Roro lagi pup jadi aku bawa kebawah anaknya yang sudah mati. Aku bawa kedepan teras. Roro langsung nyariin dan anaknya langsung diangkat untuk dibawa masuk. Padahal anaknya sudah mati.. Aku banjir air mata sedih liat anaknya yang mati yang masih dibawa-bawa Roro..

Besoknya setelah anak kucingnya yang mati kami pisahkan, Roro masih nyariin seperti kehilangan. Aku takut Roro stress jadi aku sering ajak main dia dan aku beliin creamy treats kesukaannya. Sekarang Roro sudah ceria lagi walaupun kalo denger suara anak kucing diluar dia masih nyariin seperti inget anaknya.

Semoga Roro dan Uwek sehat-sehat selalu. Aamiin

Juga buat teman-teman semua yang punya kucing baik peliharaannya dan yang punya, kita semua diberikan kesehatan selalu. Aamiin..

 

Lainnya:

KUCINGKU SI PERSIA YANG GALAK

Kaki Kucingku tiba-tiba Pincang dan Berdarah

Others

A Sweet Cyberspace Friend – Apa Kabar Milad?

Aku hanya ingin menuliskan ini semua kedalam blogku untuk selalu mengingat teman baikku Milad.

Sibuk dengan urusan pekerjaan, kuliah dan hal lainnya membuatku semakin jarang berkomunikasi dengan teman jarak jauhku milad. Seorang teman dari Iran yang sudah sangat lama. Baiklah sudah 5 tahun lamanya kami berteman. Seorang teman yang sangat sweet dan baik hati. Apa kabar milad?

Lama tak berkabar dengannya, akupun mencoba mengirimkan pesan padanya. Ia tetap membalasku dengan hangat dan senyuman. Aku bercerita padanya bahwa aku telah selesai untuk ujian akhir semester ini dan sedang menunggu hasilnya. Aku bertanya padanya tentang kegiatan atau aktivitas yang sedang ia lakukan. Tiba-tiba ia berkataka padaku, tumben bisa membalas pesannya dengan cepat. Ia menyindirku sambil mengeluarkan emoticon menjulurkan lidah seperti meledek.

“Aku sebenarnya sangat sibuk tetapi aku bisa membalas pesanmu pada hari yang sama.” Katanya sambil menjulurkan lidah.

Aku seperti tersindir. Aku merasa malu dan jahat kepadanya. Aku meminta maaf padanya karena aku sangat sibuk dan banyak hal lainnya. Akupun bilang bahwa aku lebih sering menggunakan whatsapp dibandingkan telegram.

Sebenarnya memang akulah yang tak menghubunginya lama dan selalu membalas pesannya berbulan-bulan. aku memang sangat jahat. maafkan aku milad.. Beberapa bulan terakhir memang pikiranku sedang kacau dan tak karuan. Banyak hal yang aku pikirkan dari mulai kuliah, pekerjaan dan hal-hal pribadi lainnya. Sehingga aku tidak bisa membalas atau memikirkan hal lainnya selain urusan yang berhubungan dengan pekerjaan, kampus dan urusan pribadiku.

Ia bilang ia mengerti dan tidak apa-apa. Ia tetap membalas pesanku dengan hangat. Walaupun begitu aku tetap merasa tidak enak. Entah apa yang ada didalam hatinya. Namun ia tetap baik kepadaku.

Seperti biasanya obrolan kami selalu dimulai dengan membahas bagaimana kondisi di negara kami masing-masing terkait pandemi covid 19. Saat itu di Indonesia siang hari dan di Iran pagi hari. Aku mengobrol dengannya hal-hal biasa yang menurut orang mungkin tidak penting dan membosankan. Tapi aku menyukainya. Sangat menyenangkan bagi kami mengobrol hal-hal kecil seperti itu. Lalu aku bertanya kepadanya kapan ia sarapan. Ia bilang kepadaku bahwa disana ia terbiasa sarapan agak siang lebih dari jam 9 pagi. Entah jam berapa ia pergi bekerja. Sepertinya aktivitas disana dimulai siang hari tidak seperti di Indonesia yang mulai sangat pagi.

Setelah itu kami saling mengirimkan foto aktivitas yang sedang kami lakukan atu kerjakan. Bukan foto diri kami tetapi foto objeknya yang sedang kami lakukan atau kerjakan. Ia bercerita bahwa ia sedang merawat beberapa tanaman dikamarnya. Ia memiliki 6 jenis tanaman di kamarnya.

Ia mengirimkan gambarnya kepadaku. Lalu aku bertanya jenis tanaman apa yang ia rawat, apakah itu bunga? Ia bilang tidak tau namanya dalam bahasa inggris dan menuliskannya dalam persian. Tentu saja aku tidak mengerti XD. Melihat fotonya, baiklah aku mengetahui salah satunya adalah kaktus, tetapi yang lainnya aku tidak tau.

Ia benar benar menuliskannya dalam persian lalu aku mencarinya di google xD.

Walaupun aku mencari jenis tanamannya di google, aku tetap tidak mengerti jenis tanaman apa itu :P. Aku mempostingnya di ig story foto tanaman yang dikirimkan milad, lalu salah satu temanku lainnya yang juga berasal dari Iran mengomentari story yang kuposting. Ia bilang bahwa itu adalah tanaman Iran. Sepertinya memang begitu karena aku juga tidak mengenalinya. Entahlah… mungkin itu sebabnya milad tidak tau namanya dalam bahasa inggris XD.

Ngomong-ngomong soal teman lain dari Iran yang mengomentari storyku, aku memang memiliki 2 teman pena dari Iran. Tetapi aku lebih dekat dan lebih sering berkomunikasi dengan milad, karena morteza yang mengomentari storyku di instagram tidak begitu baik dalam berbahasa inggris. Itulah sebabnya aku jarang berkomunikasi dengannya dan lebih sering mengobrol dengan milad.

Oh iya aku juga bilang pada milad bahwa aku menyukai kaktus. Ketika nantinya berbunga aku ingin melihatnya. Ia tidak keberatan tentu saja. Lalu ia balik bertanya padaku aktivitas yang aku kerjakan. Aku menceritakan kucing peliharaanku yang bernama uwek. Aku pun mengirimkan fotonya. Kami mengobrol cukup lama dan mengakhiri percakapan kami saat sarapan paginyatelah siap dan ia juga harus segera bersiap untuk berangkat kerja.

Lama tak mengobrol dengannya, rasanya sangat menyenangkan kembali mengobrol dengannya. Aku sangat senang dengan hal ataupun foto-foto pembahasan receh yang kami perbincangkan. ketika mengobrol dengannya aku merasakan bahwa aku melihat belahan dunia lain, hal-hal lain yang belum aku ketahui dan aku lihat. Cukup menghibur dan menghilangkan kepenatan.

Terima kasih milad sudah menjadi temanku selama 5 tahun ini dan selalu mengobrol dengan tersenyum baik kepadaku walaupun aku sering terlambat dan lama membalas pesan. Terima kasih untuk persahabatan pena selama 5 tahun ini. 🙂

 

Yang belum mengenal milad bisa baca juga postingan ini:

My Sweet Cyberspace Friend Milad

My Sweet Cyberspace Friend Milad – Hari Raya Idul Adha Tahun 2020

Others

Kebahagiaan Dapat Dibagi, Kesedihan?

Kata salah seorang penulis, kesedihan itu bisa dibagi sama seperti kebahagiaan. Kesedihan akan berkurang jika dibagi dan kebahagian tak akan berkurang dan justu berlipat ganda rasa bahagianya ketika dibagi.

“Setuju mas!! Tapi pertanyaannya siapa yang mau dibagi kesedihan?”

“Adakah yang mau memungut sedikit rasa sedih untuk mengurangi bebannya?”

Begitu kira-kira pertanyaan yang timbul dari seseorang yang sedang merasakan kesedihan.

Secara teori alias kata-kata, ya memang bisa dibagi dengan bercerita dan meminta saran. Tapi apakah mereka benar-benar mendalami atau benar-benar tau perasaan seseorang itu? Jawabannya tak ada yang memahami kita selain diri sendiri. Beberapa mungkin peduli dan merasa iba tapi tidak dapat merasakan benar-benar karena yang menghadapi bukanlah orang tersebut tapi diri kita sendiri.

Ketika kita sedang larut dalam kesedihan, umumnya kita akan mencari teman untuk bercerita dan berharap rasa sedih itu akan berkurang. Namun jika kesedihan terus diceritakan terkadang seseorang yang mendengarkan akan bosan dan berpikir, “ini anak maunya apa sih dikasih tau ini tetap aja gak ngaruh”. Ada yang tersirat dan tak tersirat menunjukkannya. Mungkin itu salah satu tanda orang tersebut tidak mau dibagi kesedihan. Ya jelas saja sih mana ada orang yang mau ikut sedih. Semua orang tentunya ingin bahagia.

Kita mungkin punya teman baik, pacar dan keluarga tentu saja ia bersedia mendengarkan keluh kesah kita. Tetapi tidak akan berubah atas kesedihan yang kita rasakan. Kesedihan itu yang menghadapi diri kita. Beda halnya jika kesedihan itu dihadapi bersama. Kesedihan bersama maksudnya dua orang atau lebih memiliki rasa sedih yang sama. Peristiwa sedih yang sama dan kondisi yang sama. Yang mengatasi rasa kesedihan itu pastinya diri kita sendiri. Ada yang setelah bercerita rasa sedihnya berkurang. Hal itu bukan karena perasaan sedih kita dibagi tetapi mindset kita yang berpikir jika bercerita kesedihan akan berkurang. Ini diri kita sendiri sebetulnya yang mengatasi.

Ada yang pernah menonton drama korea 49 days? Dari drama ini kita bisa berkaca bahwa dalam dunia nyata tidak semua benar-benar peduli bahkan orang terdekat kita seperti pacar ataupun teman baik dan tidak semua keluarga besar benar-benar peduli. Bukan berarti tidak ada orang yang tulus. Tentu saja diluar sana banyak orang yang juga tulus kepada kita. Tetapi disini kita dapat belajar bahwa kita tidak bisa berharap banyak dari orang lain. Yang mengatasi masalah pada diri kita pastinya diri sendiri. Tidak ada yang dapat menyelamatkan kita dari kesedihan selain diri sendiri.

Tentunya setelah kita merasakan kesedihan yang dalam dan bercerita kepada banyak orang terdekat kita dapat jawaban bahwa kesedihan itu tidak dapat dibagi tetapi diatasi, ikhlas dan tetap berusaha menjadi seseorang yang lebih baik dan lebih tegar juga tidak lupa kepada yang maha kuasa.

Others

Drama Korea: Dong Yi Jewel In The Crown

Drama Kolosal Korea yang berjudul Dongyi Jewel in the Crown ini adalah salah satu drama favoritku. Aku sangat suka dengan alur ceritanya. Tidak hanya mengedepankan cerita romance saja, menurutku drama ini memiliki alur cerita mengenai politik kerajaan yang sangat menarik dan greget. Karena sukanya dengan drama ini aku pun ketagihan mencoba untuk menonton beberapa drama kolosal lainnya. Ada beberapa drama lainnya yang juga aku suka dan ceritanya bagus tetapi sampai saat ini menurutku Dongyi adalah yang paling menarik untuk alur cerita politik kerajaan yang paling mengena dan greget.

Drama ini sudah cukup lama. Pertama kali menonton waktu jaman kuliah S1. Serial Drama ini ditayangkan di indosiar sore hari. sudah hampir 11 tahun lalu sejak drama ini tayang tetapi masih berulang kali kuputar. Tak ingin lupa dengan alur ceritanya.  Drama ini tayang di korea pada maret 2010. Entah cukup populer atau tidak di korea namun beberapa temanku yang suka dengan drama korea (pecinta drama korea) tidak begitu familiar dengan judul drama ini. Namun ketika melakukan pencarian di google rating drama ini cukup baik yaitu mencapai rating 4.9 dari 5.

Cast Drama:

Drama ini menceritakan tentang kisah seorang anak keturunan rendahan bernama dongyi yang diperankan oleh Han Hyo-joo. Ayah Dongyi adalah seorang ahli forensik mayat yang sering membantu di istana dalam mengidentifikasi mayat. Kemudian kakak kandungnya adalah seorang pemain musik istana. Dongyi tinggal bersama ayahnya Choi Hyo won, kakak kandungnya Choi Dong joo dan kakak (yang bukan sedarah) bernama Cha Jeon-soo. Ayah Dongyi membentuk dan merupakan ketua dari kelompok masyarakat pendekar pedang (Geumgae). Kelompok ini memiliki misi yang baik yaitu membantu rakyat jelata dan membebaskan para budak. Suatu ketika terjadi konspirasi politik yang dilakukan oleh fraksi selatan dari istana. Berawal dari dibunuhnya para bangsawan fraksi selatan yang membuat kelompok pendekar pedang tertuduh mengincar dan melakukan pembunuhan berencana para bangsawan fraksi selatan. Tertuduhnya pendekar pedang dalam pembunuhan para bangsawan menjadi awal cerita Dongyi kehilangan ayahnya dan kakak kandungnya, juga membuat dirinya terpisah dengan kakaknya Cha Jeon soo (yang tidak memiliki hubungan saudara – dalam cerita Dongyi kecil ingin menikah dengannya setelah dewasa :D). Setelah keluarganya tewas, Dongyi menjadi buronan istana karena dianggap sebagai anak dari seorang kriminal. Dongyi berusaha untuk kabur dan hidup sesuai dengan janjinya kepada keluarganya. Dibantu seorang gisaeng yang merupakan teman kakaknya Choi dong joo, Dongyi kecil menjadi budak biro musik istana. Karena Dongyi berpikir bahwa tidak mungkin petugas dari biro kepolisian menemukannya jika ia berada didalam istana.

Dongyi kecil tumbuh dewasa menjadi budak di biro musik istana. Diam-diam ia mencari petunjuk untuk mengungkap kasus pendekar pedang yang difitnah akibat konspirasi politik. Iya ingin mengembalikan nama baik ayah dan kakaknya  dan kelompok pendekar pedang yang tewas secara tidak adil. Petunjuk yang iya miliki satu-satunya ialah kode gerakan tangan yang ia ketahui ketika menemukan sesorang bangsawan yang sudah hampir mati ditepi sungai. Bangsawan itu memberikan kode kepadanya lalu dilain waktu ia menemukan seorang gadis yang memiliki kode gerakan tangan yang sama ketika bersama seseorang. Saat itu Dongyi secara tidak sengaja menemukan aksesoris kupu-kupu milik gadis itu yg terjatuh. Ketika melihat Dongyi yang memegang aksesorisnya dan ingin mengembalikan kepadanya, gadis itu membantu Dongyi agar tidak terlihat oleh para pengawal istana. Setelah kejadian itu, Dongyi bertekad menemukan gadis itu di istana. Ia yakin bahwa kode itu ada hubungannya dengan pembunuhan para bangsawan.

Selama di istana Dongyi sangat gigih dalam bekerja iya juga memiliki rasa penasaran yang tinggi. Tak sengaja ketika sedang mencari gadis itu di istana iya terlibat suatu masalah yang disebabkan oleh fraksi barat (fraksi ratu inhyeon) yang ingin menjatuhkan selir fraksi selatan Jang Hee bin. Karena jiwa penasaran dan keadilannya Dongyi akhirnya mengungkap konspirasi dari fraksi barat tersebut. Karena peristiwa itu membuatnya tak sengaja bertemu dengan raja yang menyamar sebagai pejabat istana dan akhirnya membuatnya juga dekat dengan selir Jang Hee bin dan menjadi orang kepercayaannya. Saat itu Dongyi belum mengetahui bahwa gadis yang ia cari dengan kode gerakan tanga tsb adalah Jang Hee bin. Karena Jang Hee bin pula dongyi akhirnya naik pangkat dari seorang budak menjadi petugas pengawas istana, hingga nantinya iya mencapai puncak tertingginya didalam istana.

Tidak hanya itu karena kebaikan hati, kegigihan dan berpegang pada kebenaran Dongyi dipercaya oleh raja hingga akhirnya raja jatuh cinta kepada Dongyi. Kecemburuan Jang Hee bin dimulai saat itu ditambah fraksi selatan yang jahat hingga Hee bin menjadi seorang selir yang jahat (sampai nantinya iya menjadi ratu menggantikan inhyeon) untuk menutupi kejahatan fraksi selatan yang jika terbongkar maka  semua fraksi selatan akan terkena dampak termasuk dirinya dan keluarganya. Ditambah faktor kecemburuan dari cinta sang raja yang mulai surut kepadanya.

Banyak pesan yang didapat dari cerita ini yaitu kebaikan hati, keteguhan, kejujuran dan kepercayaan untuk tetap menegakkan keadilan akan membawa pada posisi tertinggi dimana rasa keadilan akan terbayar. Cerita ini sangat menguras emosi dan dikemas menarik sehingga membuat penasaran. Walaupun episodenya cukup panjang sampai 60 episode, tetapi aku cukup senang dan menantikan kelanjutan tiap episodenya. Sampai saat ini aku sering mengulang untuk menontonnya, tak ingin melupakan pesan baik dari ceritanya. 🙂

Beauty

SILCOT Maximizer Cotton – Kapas Khusus untuk Toner & Essence

Seperti yang kita ketahui ada 2 cara yang biasa digunakan ketika menggunakan toner atau essence,  yaitu ada yang dituangkan ke tangan lalu ditepuk-tepuk ke wajah dan ada pula yang menggunakan kapas dengan cara diusapkan ke wajah ataupun ditepuk-tepuk. Menurut saya pribadi, kedua cara tersebut bisa digunakan sesuai dengan jenis kebutuhannya. Jika ingin mendapatkan cairan toner yang maksimal untuk manfaat kulit, dapat dilakukan dengan cara dituangkan ke tangan cairan toner atau essence tersebut lalu ditepuk-tepuk ke wajah. Misalnya untuk toner yang bersifat hydrating ke kulit. Sebaliknya jika ingin menggunakan toner sebagai langkah kedua dalam double cleansing menggunakan kapas dapat lebih maksimal. Misalnya untuk toner yang mengandung AHA BHA yang bersifat soft/mild peeling untuk mengangkat sel-sel kulit mati maka kita dapat menggunakan kapas yang telah diteteskan cairan toner dengan cara diusapkan ke wajah. Usapan kapas terhadap kulit dapat membantu mengangkat sisa-sisa kotoran atau sel kulit mati yang melekat pada wajah.

Untuk toner yang bersifat hydrating mungkin lebih efektif jika menggunakan tangan dengan ditepuk-tepuk ke wajah jika dibandingkan dengan menggunakan kapas biasa pada umumnya. Karena kapas lebih banyak menyerap toner tersebut dibandingkan dengan cairan yang terserap ke dalam kulit kita. Sehingga untuk penggunaan toner yang bersifat menghidrasi kulit justru akan lebih boros jika kita menggunakan kapas biasa. Namun penggunaan toner dengan dituangkan ke tangan juga memiliki kemungkinan bahwa cairan toner tersebut lebih banyak menyerap di tangan atau penggunaan yg tidak merata ke area kulit wajah. Hal ini tergantung kondisi atau bagaimana cari kita dalam mengaplikasikan ke wajah.

Semakin banyak kaum wanita yang peduli dengan kesehatan kulitnya, semakin banyak pula produk-produk baru yang muncul dan berlomba-lomba dengan menawarkan keunggulan-keunggulan yang beragam disesuaikan dengan kebutuhan kulit. Tidak hanya skin care nya saja namun alat-alat pendukung untuk pengaplikasian skin care juga semakin berkembang. Seperti kapas Silcot Maximizer Cotton, yang digunakan khusus untuk pengaplikasian toner dan essence. Silcot menawarkan keunggulan produknya dapat menyerap cairan pelembab 2x lebih maksimal ke kulit. Produk kapas keluaran Unicharm ini bukanlah produk yang baru, namun mungkin masih banyak yang belum mengetahui adanya kapas ini dan keunggulannya.

 

SEKILAS TENTANG SILCOT COTTON

Bahan untuk silcot ini yaitu Pulp dan Rayon. Kapas ini berukuran 70 x 58 mm. 1 Pack berisi 40pcs Kapas yang dapat dipisah menjadi 2 bagian dengan menyobek bagian jahitan. Dengan kata lain kapas ini terdiri dari 80 lembar karena dapat dirobek menjadi 2 bagian.

 

1 pcs kapas silcot

 

1 pcs kapas silcot yang berisi 2 lembar

 

KEUNGGULAN SILCOT MAXIMIZER COTTON

Silcot ini memiliki keunggulan, yaitu:

  • Dapat meresap cairan skin care dengan maksimal ke wajah;
  • Dapat menghemat cairan toner atau essence karena daya serap yang tinggi sehingga cairan skin care yang digunakan lebih sedikit atau setengah dari biasanya;
  • Cairan dapat bertahan lebih lama (tidak cepat kering) dibandingkan menggunakan kapas biasa;
  • Kelembapan bertahan lebih lama jika pakai silcot (2x meresapkan cairan pelembab dengan maksimal ke kulit);
  • Berbahan lembut dan halus sehingga dapat merawat kulit dengan lembut.

 

KEKURANGAN SILCOT KAPAS MAXIMIZER COTTON

Silcot ini kainnya sangat halus dan ketika kita tuangkan toner atau essence dia menyerap dengan cepat dan menyebar merata menyimpan air tapi tidak cepat kering, namun sangat licin jika diusapkan ke wajah. Menurut saya kurang cocok jika silcot ini digunakan untuk mengangkat sel kulit mati dengan cara diusap.  Lebih tepat jika ingin digunakan sebagai kapas untuk ditepuk atau sebagai masker yang ditempelkan saja di wajah setelah terisi dengan cairan toner atau essence.

Silcot ini bisa digunakan sebagai pengganti sheet mask. Karna seperti yang kita tau sheet mask jika diuspakan sangat licin karena serum didalamnya. Kurang lebih silcot yang telah diberikan toner atau essence ini hampir sama dengan sheet mask yang licin. Jadi tidak bisa digunakan sebagai kapas cleansing ya..

Menurut saya silcot ini bisa menghemat penggunaan sheet mask yang cenderung mahal. Kita bisa menggunakan beberapa helai kapas dan menambahkan toner atau essence yang kita miliki lalu di tempalkan ke wajah dan didiamkan beberapa menit seperti penggunaan sheet mask pada  umumnya untuk mendapatkan manfaat toner atau essence tersebut.

Others

My Sweet Cyberspace Friend Milad – Hari Raya Idul Adha Tahun 2020

Sebelumnya aku sudah pernah menceritakan pertemananku di dunia maya dengan seorang laki-laki yang berasal dari Iran.

Dapat dibaca di :

My Sweet Cyberspace Friend Milad

Aku hanya ingin menuliskan ini semua kedalam blogku untuk selalu mengingat teman baikku Milad.

Belum lama ini ia mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha padaku. Ia memulai percakapan denganku dihari itu dan tentu seperti biasa kami saling peduli dengan kesehatan masing-masing apalagi di masa pandemi seperti ini. Yang aku tahu bahwa Iran juga merupakan salah satu negara yang paling terdampak pandemi Covid-19 di luar China, tercatat dengan angka kematian yang cukup tinggi pula.  Tentu saja dengan kondisi seperti yang ditayangkan di berita aku penasaran dengan kondisinya, keluarganya dan negaranya. Sebaliknya ia pun juga menanyakan kesehatanku, keluargaku, juga kondisi negaraku di masa pandemi saat ini.

Aku berbincang dengannya membahas bagaimana perayaan idul adha disana. Tak jauh berbeda dengan di Indonesia. Mereka juga melaksanakan solat dirumah masing-masing dengan keluarga walau mungkin beberapa masjid di wilayahnya ada juga yang melaksanakan solat ied berjamaah.

Kami berbincang-bincang seperti biasanya tanpa kehabisan topik. Lalu aku menceritakan diriku yang baru saja mengambil tes untuk melanjutkan pendidikan magister di salah satu Universitas Negeri. Aku memfoto kartu ujianku. dan bercerita aku telah menyelsaikan tes tertulisnya dan akan diumumkan hasilnya dipertengahan agustus ini. Ia menyemangatiku dan mendoakanku agar aku lulus dan masuk universitas tersebut untuk melanjutkan studiku. Kemudian ia juga bercerita padaku bahwa ia juga baru saja melakukan tes program PhD di Iran dan ia mengirimkan kartu ujiannya padaku. Ia meminta doa padaku dan berharap hasilnya sesuai dengan yang ia harapkan. Pengumuman juga akan ada dibulan agustus ini sama sepertiku.

Karena Milad tidak ingin dipost fotonya jadi aku tutupi dengan stiker matahari saja hehehe.. 😀

 

Obrolan kami memang random tapi menyenangkan. Sampai kami juga membahas sajian makanan hari raya di negara kami masing-masing. Saat itu di Indonesia masih siang menjelang sore. Kami membahas menu makan siang dirumahku. Dan kebetulan saat aku chat dengannya aku sedang makan siang. Setelah membahas berbagai makanan dari negara kami masing-masing, ia mengatakan padaku bahwa ia ingin makan siang denganku suatu hari nanti selayaknya dengan teman-teman pada umumnya.

Tentu saja kami suatu hari nanti berjanji akan bertemu entah siapa dulu yang akan mengunjungi. Saat ia bilang ingin makan siang denganku aku langsung mengirimkan foto makanan bakso jumbo. Melihat foto yang aku kirimkan ia bilang padaku sepertinya ia tidak suka sambil tertawa dan menjulurkan lidahnya. Lalu aku bilang aku akan memaksanya untuk memakan makanan itu dengan emoticon meledek. Ia pun tertawa. Lalu kami berjanji siapapun yang akan berkunjung duluan, sebagai tamu, si tuan rumah dari negara tersebut akan mentraktir masakan yang menurut kami enak.

Saat ia mengirimi aku foto makanan yang ingin ia belikan untukku, aku bilang bahwa porsinya kebanyakan untukku, sambil tertawa. Ia pun membalas dan akan membantu menghabiskannya untukku. Baiklah itu kesepakatan kami hahaha. Random tapi menyenangkan :D.

Ngomong-ngomong mengenai kami yang sama-sama melanjutkan pendidikan pascasarjana kami akan saling mengabari hasilnya nanti saat pengumuman keluar. Buruk atau baik nantinya kami tetap saling menyemangati. Semoga hasilnya baik dan sesuai dengan harapan kami. 🙂

 

Others

Hati-Hati Penipu Berkedok sebagai Pembeli di Carousell!!!

Buat teman-teman yang baru mulai berjualan di carousell atau mungkin belum tahu ciri-ciri pembeli yang ingin menipu harap perhatikan hal hal ini:

  1. Harap berhati-hati ketika ada calon pembeli yang melakukan penawaran namun harganya sama dengan harga barang yang kita jual atau bahkan lebih besar cek terlebih dahulu apakah akunnya sudah verified dengan mengunjungi profilnya. Memang yang kita harapkan pastinya memiliki calon pembeli yang tidak rewel (tidak perlu nawar lalu langsung deal). Namun ada baiknya kita berhati-hati dengan mengecek akunnya terlebih dahulu.
  2. Hati-hati dengan calon pembeli yang tidak ingin melakukan diskusi penjualan di fitur chat carousell (memberikan nomor untuk melanjutkan percakapan dengan watsapp) seperti dibawah ini;

    Pengalaman saya waktu saya masih baru di carousell saya pernah hampir tertipu dengan calon pembeli yang memberikan nomor hanphonenya untuk melakukan transaksi diluar fitur chat carousell. Sayangnya pesan tersebut sudah terhapus dari handphone saya sehingga saya tidak dapat melampirkannya disini. Namun yang dapat saya ceritakan adalah calon pembeli barang saya tersebut sama sekali tidak melakukan penawaran dan langsung setuju untuk mentransfer sejumlah uang. Ia langsung meminta nomor rekening saya dan memberikan alamatnya untuk pengiriman. Yang membuat saya curiga pada saat menunggu bukti transfernya adalah ketika ia meminta nomor yang tertera pada kartu ATM saya untuk mengisi di sistem pembayarannya. Entah sistem pembayaran apa yang ia gunakan saya tidak mengerti. Lalu tentu saja saya tidak langsung memberikan nomor yang tertera pada kartu ATM saya. Saya menolak dan saya bilang sebaiknya transfer langsung melalui mesin ATM saja, barang akan saya keep. Namun ia justru mengirimkan bukti sebuah chat kepada seller yang juga pernah melakukan transaksi dengannya. Intinya ia ingin membuktikan bahwa ia tidak berbohong dan transaksi sebelumnya dengan seller lain berhasil. Karena saya curiga lantas saya tidak melanjutkan transaksi tersebut dan langsung memblokir nomor tersebut. Lalu saya cek kembali fitur chat carousell dan membuka profilnya. Benar saja statusnya unverified dan terkadang juga akun baru dibuat beberapa menit yang lalu. Saya pun juga langsung browsing mengenai penipuan di carousell dan modus penipuan seperti itu ternyata sudah sering terjadi dan cukup banyak juga yang masih tertipu. Beberapa jam kemudian saya cek kembali fitur chat carousell, tak lama status orang tersebut sudah disuspend oleh carousell.

    Yang membuat banyak orang tertipu adalah karena desakan dari si pelaku untuk segera mengirimkan apa yang ia minta, lalu mengirimkan bukti-bukti bahwa sebelumnya ia sering bertransaksi dengan seller lain dan tidak pernah ada masalah. Ditambah ia juga terus mengeluarkan percakapan yang membuat kita tidak sempat berpikir karna harus membaca dan menjawab chatnya dan selalu mengarahkan agar kita percaya. Itu adalah trik yang ia pakai untuk mendapatkan targetnya.

  3. Jika calon pembeli ingin melakukan transfer seharusnya tidak ada hal lain yang diperlukan selain nomor rekening. Jangan berikan apapun kecuali nomor rekening.
  4. Sebaiknya setelah melakukan transfer cek mutasi rekening. Jangan sampai ia memberikan bukti transfer palsu. Jika uang belum masuk jangan lakukan proses pengiriman. Namun sebagai penjual kita juga tidak boleh memperlambat proses pengiriman. Jangan sampai membuat pembeli kecewa karena memproses pengiriman yang terlalu lama dari seller.
  5. Jangan pernah melakukan chat transaksi diluar fitur chat carousell. Karena jika terjadi kendala dalam proses jual beli carousell tidak dapat membantu. Pastikan selalu chat di dalam  carousell sampai transaksi selesai.
  6. Gunakan Fitur Tawar Menawar di Carousell agar dapat memberikan ulasan baik dari seller kepada buyer maupun sebaliknya. Agar dapat meninggalkan jejak jika terjadi hal yang tidak memuaskan (merasa ditipu) sehingga orang lain dapat lebih berhati-hati.
    Hal-hal yang saya sebutkan diatas mungkin terdengar sepele dan mungkin banyak yang sudah mengetahuinya juga. Tetapi percayalah ketika kita berada di posisi orang yang sedang dalam target percobaan penipuan, mungkin diri kita tidak sadar bahwa kita sedang menjadi target. Atau mungkin modus yang digunakan bisa juga berbeda dari pengalaman yang saya sebutkan. Sehingga ada baiknya  tetap waspada dengan memperhatikan hal-hal yang telah saya sebutkan diatas. Jika ada yang menemukan tulisan ini mungkin bisa share juga cerita pengalaman kalian saat hampir tertipu atau mungkin sudah pernah tertipu, mungkin akan membantu teman-teman yang membaca tulisan ini agar lebih waspada. Semoga bermanfaat

Tulisan lainnya:

Jual Beli Barang Preloved di Carousell – Aplikasi Jual Beli Barang Baru & Bekas

Others

Jual Beli Barang Preloved di Carousell – Aplikasi Jual Beli Barang Baru & Bekas

Jual beli barang bekas (preloved) mungkin sudah banyak dilakukan orang-orang mengingat saat ini telah banyak situs jual beli barang bekas yang memudahkan kita untuk banyaknya penyedia situs online jual beli barang bekas yang memudahkan untuk mencari barang kebutuhannya dengan harga yang lebih murah namun dengan kualitas yang masih baik.

Mengapa banyak yang mencari barang bekas dibandingkan dengan membeli barang baru padahal kualitas pastinya berkurang karena sudah pernah digunakan?

Yang pertama tentu saja karena harga yang lebih murah dibandingkan dengan barang yang baru. Tidak hanya harga yang menjadi pertimbangan tetapi pembeli pasti mencari barang bekas dengan kualitas yang masih sangat bagus. Jika tidak tentu saja mereka akan lebih memilih membeli barang baru. Selain itu ada beberapa orang yang ingin mencoba terlebih dahulu suatu produk tertentu seperti kosmetik dan skincare contohnya. Banyak juga yang berburu kosmetik dan skincare bekas pakai karena ingin sekedar mengetes kecocokan di kulit. Lain hal dengan pakaian, biasanya banyak yang berburu pakaian bekas yg masih layak pakai karena bosan dengan pakaiannya dan ingin bergonta-ganti style namun dengan budget yang murah.

Pengalaman saya menggunakan Aplikasi Carousell

Pertama kali saya mencoba menjual barang bekas itu adalah di aplikasi carousell. Mungkin sebelumnya sudah ada situs lainnya yang juga populer namun saya tidak pernah mencoba. Saya mengetahui carousell awalnya karena beberapa teman mencantumkan link toko carousell di profil akun instagram mereka dan saya penasaran. Setelah melihat-lihat ternyata sudah banyak juga yang menggunakannya. Lalu barang yang dijual juga tidak hanya untuk barang branded saja.

Pengalaman saya mulai menjual barang bekas dimulai karena banyak pakaian saya di lemari yang hanya beberapa kali pakai namun sudah bosan dan sepertinya tidak akan digunakan lagi. Kondisinya tentu masih sangat bagus kalau tidak saya pasti malu menampilkannya di profil toko. Beberapa milik saya yang saya jual juga ada yang masih baru karena saya sering berbelanja online dan ternyata saat barang tiba ukurannya tidak pas (kebesaran). Mungkin bisa saja dikecilkan ke tukang jahit tetapi karena terlalu banyak yang menumpuk saya jadi malas dan akhirnya saya putuskan untuk dijual kembali saja dengan harga yang lebih murah. Juga ada beberapa skincare yang tak cocok  lalu saya putuskan untuk menjualnya daripada sayang tak terpakai dan keburu expired, barangkali ada yang ingin mencoba namun tidak ada travel sizenya, bisa menjadi alternatif dengan membelinya di carousell.

Tidak hanya sebagai penjual, saya juga pernah menjadi pembeli di carousell. Karena saya suka membaca, sayapun pernah membeli buku bekas di Carousell dengan kondisi yang sangat bagus dan harga turun 80% dari harga buku barunya.

Cara Berjualan di Carousell

Tampilan Home Aplikasi Carousell

Cara berjualan di carousell sangatlah simple karena tidak banyak yang harus diisi seperti berjualan di marketplace lain. Cukup klik pilihan “sell” lalu foto barang dan masukkan kategori barang dan harga. Jangan lupa memberikan deskripsi kondisi barang dan spesifikasinya sehingga pembeli mengetahui kondisi barang yang dijual. Kemudian pilih pengiriman apakah akan menggunakan jasa kurir atau bisa juga ketemuan di suatu tempat tergantung dari si penjual dan pembeli. Setelah itu save dan sudah tampil di list.

Jika ada yang berniat membeli mereka akan langsung chat ataupun menggunakan fitur tawar menawar carousell. Di aplikasi ini kita juga dapat memantau barang yang baru saja kita list apakah sudah banyak yang melihat dan sudah ada yang mengklik untuk melihat deskripsi produk.

Tips Berjualan di Carousell

Untuk teman-teman yang ingin menjual sebagian barang prelovednya usahakan jangan memasukkan harga terlalu tinggi karena calon pembeli juga akan malas untuk melakukan tawar menawar dengan melihat harga awalnya saja. Namun jangan terlalu rendah atau murah karena banyak dari calon pembeli yang benar-benar sadis menawar harga. Sudah dijual sangat murah tetapi masih ditawar dengan harga yang sangat jatuh. Mungkin oke-oke saja untuk barang bekas tetapi jika barangnya masih baru sepertinya sangat tidak berperasaan. Tidak ada larangan untuk menawar namun sebaiknya juga tidak melukai si penjual dengan menawar barang yang masih baru diatas 50%. :(. Karena barang yang dijual di carousell tidak hanya barang bekas namun banyak juga barang-barang yang masih baru.

Lalu hal lainnya jangan lupa menuliskan deskripsi yang jujur supaya tidak mengecewakan pelanggan sehingga mereka meninggalkan jejak yang positif di kolom komentar. Semakin banyak yang puas dengan barang yang kamu jual semakin banyak pula yang meninggalkan jejak positif sehingga menambah penilaian pada calon pembeli lainnya untuk tidak ragu membeli barang-barang dari tokomu. Untuk dapat menuliskan komentar, pembeli harus menggunakan fitur tawar di carousell.

 

Menurut saya aplikasi ini sangat memudahkan membantu saya yang suka berbelanja berlebihan untuk mengosongkan sebagian isi lemari. Walaupun tidak selalu terjual dalam waktu cepat tetapi lumayan membantu.

Yuk kita mulai bersih-bersih lemari daripada barang menganggur dan rusak atau kadaluwarsa lebih baik coba kita list di carousell siapa tau bisa laku terjual dan kita bisa dapat uang untuk membeli barang lain yang diinginkan. Semoga bermanfaat. 🙂

Jangan lupa kunjungi toko saya ya di https://id.carousell.com/puspaharahap/

mungkin saja ada yang cocok atau ada yang kalian butuhkan 😉

 

Baca Juga:

Hati-Hati Penipu Berkedok sebagai Pembeli di Carousell!!!

 

Poetry

KATA

Sebuah kata…

Mengetuk dinginnya sepi,

Mengukir senyuman lantas membawa tawa,

Sungguh untaian kata itu,

membuatku menari-nari dalam angan,

Angan yang membawaku larut,

Larut dalam mimpi yang berbunga.

 

 

Oleh : Puspa

2017

Short Story, Stories

Cerita Drianta – Aku Menemukannya (Cerpen)

Bagaimana aku bisa menemukannya?

Ia sesosok yang membuatku jatuh cinta dengan tulisannya. Bukan tulisan dalam surat, lirik lagu, artikel, cerpen atau yang lainnya, apalagi puisi. Sangat menarik, bisa juga dibilang aneh. Aku menyukainya ketika pertama kali aku memulai komunikasi chat dengannya.

Aku menemukannya bukan dari situs pencarian jodoh bukan pula dari situs random chat. Aku menemukannya ketika sedang melakukan komplain kendala di toko online milikku. Ia seorang Customer Care/ Customer Service aplikasi chat toko.

Saat itu aku sedang menunggu antrian customer service yang sedang ramai. Setelah beberapa menit menunggu akhirnya aku terhubung dengan seorang customer service. Namanya mirip denganku. Aku sedikit tercengang dengan nama Customer Service yang terpampang di layar HPku. Drianto namanya, mirip dengan namaku Drinata. Terlontar kata “Wah..” karena terkejut dengan nama yang tak sengaja mirip. Reaksi yang agak berlebihan. Entahlah, yang jelas keluarga tak menyadari reaksiku yang sedang terkejut. Mereka sibuk dengan dirinya sendiri.

“Selamat malam, Drianto akan membantu ya kak. :)”

Ia memulai percakapannya di chat. Akupun mulai menjelaskan keluhanku. Yang menurutku menarik adalah responnya yang tidak seperti Customer Service pada umumnya. Aku terbiasa dengan kalimat Customer Service yang kaku sesuai SOPnya. Berbeda dengan Drianto disini yang menggunakan kata-kata santai namun seperti memikat lawan chatnya. Sungguh berlebihan dan aneh diriku ini. Benarkah semudah itu aku tertarik pada seseorang.

“Selamat malam, Drianto akan membantu ya kak.”

“Malam… saya ingin bertanya mengenai produk yang saya masukkan ke toko saya kenapa bisa terblokir 2 kali ya?”

“Maaf ya kak kalau tidak nyaman :(. Sini Drianto bantu ya kak. Share ke Drianto ya kak screenshoot kendalanya :).”

Ia menggunakan kalimat yang santai dan lembut. Yang tak biasa adalah ia menggunakan emoticon di setiap chatnya. Aku sudah berkali-kali melakukan komplain atas kendala di toko online milikku tetapi, baru pertama kali aku menemukan Customer Service yang gaya chatnya seperti dirinya. Aku sangat antusias menjelaskan padanya dan membaca balasan darinya.

“Apakah sudah jelas kak pernjelasan dari Drianto? Jika kakak masih belum jelas, Drianto siap bantu menjawab pertanyaan kakak walau sampai 24 jam 😉 “

Aku cukup terkejut dengan kalimat terakhir yang ia katakan di chat setelah penjelasannya yang cukup panjang sebelumnya. Ditambah dengan kata-kata siap 24 jam dan emoticon yang mengedipkan mata seperti menggoda. Rasanya seperti bukan chat dengan seorang Customer Service tetapi lebih seperti chat PDKT dengan seorang cowo.

membaca chatnya yang seperti itu, akupun tidak ingin menyia-nyiakannya. Sepertinya bukan karena masih kurang jelas dengan penyelesaian kendalaku tetapi karena aku lebih tak rela untuk mengakhiri chat ini dengan segera. Ah berlebihan sekali.. Mungkin terlalu lama lama menjomblo membuatku mudah baper. Tapi ini sangat aneh aku baper dengan kata-kata sesorang di chat yang jelas-jelas tidak pernah kenal dan bertemu, terlebih ia adalah seroang Customer Service. Sepertinya aku butuh cepat punya pacar…

“Halah.. mikir apa sih aku ini. Sungguh memalukan.”

Aku kembali menatap layar handphoneku. Aku masih melanjutkan pertanyaanku kepadanya di chat. Tetapi aku merasa kasihan jika terlalu lama merespon pertanyaanku. Bisa-bisa ia tidak memenuhi target harian jumlah customer jika aku mengganggunya terlalu lama. Terlebih pasti chatnya sudah ter-record disana. Jika dievaluasi ia bisa terkena masalah karena kalimatnya dan perkataanya yang 24 jam ditambah waktu menyelesaikan satu customer yang cukup lama. Akhirnya aku menyatakan kepahamanku agar dapat menyudahi chat tersebut. Sudah hampir 30 menit aku berdiskusi dengan Customer Service. Sepertinya aku agak kelewatan. Walau dalam hatiku sedikit sedih harus mengakhiri chat tersebut.

Setelah mengakhiri chat aku mengikuti instruksinya dan permasalahanku selesai. Beberapa jam kemudian ada sebuah notif yang masuk di akun toko online milikku. ada customer yang membeli produk online milikku yang baru saja aku upload beberapa jam yang lalu. Aku kembali terkejut dengan nama si pembeli. Namanya adalah Drianto. Aku teringat dengan Customer Service yang beberapa jam lalu chat denganku. Ah apa mungkin itu orang yang sama. mungkin saja itu orang yang berbeda. Sepertinya imajinasiku hari ini agak berlebihan. Tetapi aku semakin penasaran, akupun membuka profil akun pembeli yang bernama Drianto itu. Tidak ada petunjuk apapun. Lagipula aku juga tidak punya petunjuk lain untuk mencari Customer Service tadi.

Sebelum aku memproses pesananannya aku mengkonfirmasi si pembeli itu karena tak ada notes untuk pesanannya.

“Hai Kak, Apakah saputangannya ingin dibordir inisial nama?” Aku bertanya kepada calon pembeliku dengan chat.

Lama sekali ia tak membalas. Akupun meninggalkan handphoneku untuk melanjutkan aktivitasku merapihkan barang-barang jualanku yg ada di gudang. Dua jam kemudian aku baru mengecek Handphoneku. Aku kembali terkejut dengan kalimat balasan dari customerku yang bernama Drianto. Ia mengingatkanku dengan si Customer Service. 

“Gratis ya kak.. Boleh tolong dibuatkan ya kak Drianta :)”

Kok dia bisa tau namaku? Aku terheran-heran. Jelas aku bukan menggunakan nama pribadiku. Aku menggunakan nama toko untuk akunku. Lagipula emoticon itu mengingatkanku kepadanya. Ah sudahlah aku terlalu banyak menduga. Lagipula untuk apa si Customer Service tadi kebetulan sekali membeli barang di tokoku. Ah tapi bisa saja, tapi untuk apa. aku bergumam dalam hatiku sendiri. Sudahlah ini sangat bagus aku langsung mendapatkan seorang customer.

Dua hari kemudian dana dilepas ke akun penjualan milikku. Sepertinya kirimanku sudah sampai ke customer. Lalu ada sebuah chat whatsapp yang masuk.

“Halo Kak Drianta, ini Drianto customer yang baru lepas dana. Aku ingin kerjasama untuk saputangan bordir namanya kak. Apakah mungkin jika ketemu untuk membicarakan kerjasama? Diluar aplikasi belanja ya kak. Mohon dibalas ya kak. Aku menunggu ;).”

Aku terkejut sambil melontarkan kata “Wow, ini dia genit atau gimana sih kok emotnya kedip-kedip mata”. Aku semakin teringat dengan si Customer Service tempo lalu.

 

~BERSAMBUNG~